DISTIANS Blog Inspirasi adalah semangat hidup

September 26, 2007

Tugas PTLF

Filed under: Kuliah — distians @ 1:09 pm

1). Bill of Material

Suatu produk yang akan diproduksi menjadi barang jadi, pasti melalui beberapa tahapan proses dan terdiri dari beberapa komponen yang nantinya akan diolah menjadi barang jadi tersebut. Selain proses yang baik, pengadaan material yang baik juga menentukan terpenuhinya target produksi yang sesuai dengan yang direncanakan. Sebagai contoh, suatu produk membutuhkan beberapa material dan komponen seperti yang telah direncanakan, apabila salah satu saja material atau komponen yang dibutuhkan ternyata tidak tersedia, maka produk tersebut tidak akan dapat diproses menjadi barang jadi. Secara garis besar, Bill of Material berhubungan dengan rancangan layout. Sebelum membuat rancangan layout, kita harus mempertimbangkan material apa saja yang dibutuhkan, sehingga kita dapat membuat layout yang tepat dan seoptimal mungkin.

2). Assembly Charts

Untuk melengkapi dan mempermudah dalam memproduksi suatu barang, kita dapat menggunakan assembly charts. Dengan assembly charts, kita dapat mengetahui bagaimana komponen penyusun diproduksi dan dirakit di tempat berbeda dengan tahap yang berbeda pula, sehingga dapat menjadi barang jadi di tahap akhir. Assembly chart juga untuk mengetahui aliran bahan material dalam sebuah pabrik, sehingga mengetahui dapat mengetahui analisis lay out yang menggunakan bervariasi diagram dan chart. Assembly chart juga digunakan dalam penyusunan jadwal aktivitas produksi. Jika waktu yang telah ditentukan untuk penyelesaian produk akhir dan waktu yang dibutuhkan untuk proses manufaktur sebuah komponen telah dapat diketahui, analisis dapat dikerjakan dari waktu yang telah ditentukan untuk menyelesaikan produk ketika permintaan untuk produksi harus segera dilakukan untuk setiap komponen. Permintaan produksi akan dilakukan sampai komponen diterima.

3). Engineering Drawing

Engineering drawing digunakan untuk mendampingi proses manufaktur atau proses insinyur teknik untuk menyelesaikan proses yang dibutuhkan untuk proses manufaktur produk.. Gambar ini juga memberikan beberapa tanbahan informasi mengenai operasi yang beraneka ragam. Informasi mengenai produk yang akan dibuat ini meliputi toleransi special, material yang digunakan, kemampuan fungsi minimum dari produk akhir, Penyediaan material yang akan digunakan, ukuran dan dimensi produk yang akan dibuat dsb. Sebagai contoh, apabila kita akan membuat meja, maka kita akan menentukan dimensi dan ukuran yang sesuai, material yang berupa kayu berkualitas yang akan dibuat menjadi meja danmenentukan fungsi dari meja yang dibuat untuk keperluan apa sesuai bentuk, ukuran, dan material yang digunakan. Intinya, dengan engineering drawing, produk yang akan dibuat akan sesuai dengan konsep dan rencana yang diinginkan sesuai dengan gambar dari produk yang telah ditentukan tersebut.

4). Route Sheet

Sebuah route sheet menunjukan secara detail mengenai operasi yang dibutuhkan untuk sebuah bagian dalam sebuah produksi. Hal ini memungkinkan juga untuk mengatur waktu untuk setiap operasi dari setiap mesin.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: